Home

foto-sumut-posMasih banyak pemilih pemula seperti pelajar dan mahasiswa yang belum begitu memahami cara menggunakan hak suaranya pada pemilu 9 April 2009. Hal itu terungkap pada simulasi pemilihan dan kuis untuk pemilih pemula yang digelar berbagai NGO seperti IFES, USAID, dan KIPPAS beberapa waktu yang lalu di Medan.

Ketua Yayasan Kajian Informasi, Pendidikan dan Penerbitan Sumatera (KIPPAS), J. Anto, di Medan, mengatakan, simulasi pemilu tersebut diikuti 10 tim, beberapa diantaranya SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Pancabudi, SMA Muhammadiyah 2, SMA Negeri 2, SMAK Bodhicita, SMAN 15 dan STIKES Sari Mutiara.

Menurut dia, rendahnya pemahaman pelajar yang notabene pemilih pemula itu akibat masih minimnya pemahaman terkait UU Pemilu. “Artinya pada umumnya mereka belum membaca UU Pemilu. Kita khawatir, mereka hanya datang ke TPS, mencoblos tapi tidak mengerti untuk apa dan suaranya diarahkan kemana,” katanya Sabtu kemarin.

Yang dikhwatirkan, kata dia, dengan pengetahuan yang terbatas tersebut, bisa saja suara mereka dimobilisir oleh orang-orang yang memiliki kepentingan. ” Jika Medan sebagai kota pusat pendidikan dimana informasi gampang diakses, namun masih banyak pemilih pemula yang belum paham. Bagaimana pula dengan daerah-daerah lainnya, dikhawatirkan akan lebih parah lagi,” katanya.

Senior Project Coordinator, IFES, Anhar, mengatakan, kurangnya pemahaman pemilih pemula terletak pada masalah daerah pemilihan (dapil), yakni mereka tidak paham siapa yang mewakili daerah mereka untuk ke pusat. “Dengan pemilu yang semakin kompleks ini, seharusnya sosialisasi tentang pemilu terutama pada pemilih pemula dapat lebih ditingkatkan,” katanya.

Sumber: Harian Global, 23 Maret 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s