Home

Peserta Pelatihan Foto bersama

Peserta Pelatihan Foto bersama

Medan, (Analisa), 13 Oktober 2008

 

 

 

 

Yayasan Kajian Informasi, Pendidikan dan Penerbitan Sumatera (KIPPAS) menggelar Pelatihan Jurnalisme Liputan Pilkada khusus bagi para wartawan daerah yang berdomisili di tujuh daerah di Sumut yang akan menggelar pilkada.

 

Para wartawan yang mengikuti pelatihan yang bekerjasama dengan Yayasan Tifa Jakarta itu berasal dari daerah Deli Serdang, Tanah Karo, Dairi, Langkat, Tapanuli Utara, Padang Lawas (Utara), dan Batubara

 

“Tidak dapat dipungkiri media massa, memiliki peran penting dalam pelaksanaan pilkada. Hal ini tidak lepas dari kecenderungan menguatnya peran media massa dalam mempengaruhi preferensi politik para pemilih dalam pilkada,” ungkap DirekturEksekutif KIPPAS, J Anto kepada wartawan usai membuka pelatihan Angkatan kedua, Minggu (12/10) di Hotel Garuda Citra.

 

Saat ini, sambung J Anto, para kandidat, tim sukses, dan para politisi dari berbagai parpol pendukung, berlomba-lomba “menguasai” atau “mendekatkan diri kepada media massa”.

 

Banyak ragam dilakukan politisi agar bisa menjadi ‘sahabat pers’,” ujarnya.

 

Mulai dari kunjungan ke kantor redaksi dengan alasan menjalin tali silaturahmi atau mengenalkan pengurus parpol, membuat undangan menghadiri perayaan tertentu dan sebagainya.

 

Pada titik inilah kerap muncul problema etika pada pemberitaan media massa. Namun terlepas dari tarik menarik kepentingan yang ada, profesionalisme pekerja media tetap harus dikedepankan agar pekerja media menghasilkan berita-berita objektif dan kritis.

 

Tujuannya agar berita yang ada menjadi sumber evaluasi pemilih dalam menentukan pilihannya terhadap kandidat yang akan dipilihnya. “Dari sini, media massa berperan memasilitasi terbangunnya pemilih-pemilih kritis, yang tidak lagi menjatuhkan pilihannyaa karena faktor kesamaan suku, agama, atau kekerabatan,” ajar J Anto.

 

Standar Peliputan

Menurut J Anto pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman konsep dan teknik standar peliputan pilkada jurnalis dalam peliputan pelaksanaan pilkada Sumut 2008. Meningkatkan pengetahuan dan teknik pemantauan berbagai proses pelanggaran pilkada, khususnya pada tahapan kampanye, proses perhitungan dan penetapan suara.

 

Selain itu, tujuan lainnya untuk meningkatkan keterampilan menulis (news) features berperspektif jurnalisme damai untuk mendorong terbangunnya Pilkada Surnut Damai. Dalam pelatihan itu para peserta juga dibekali pengetahuan tentang proses, tahapan dan potensi-potensi konflik selama pelaksanaan pilkada Sumut dan memasilitasi perencanaan liputan mendalam Pilkada Sumut 2008 mulai dari latar belakang masalah, angle, daftar pertanyaan, narasumber, lama liputan dan pelaporan.

 

“Pelatihan ini digelar tiga angkatan dengan lama pelatihan tiga hari,” kata J Anto seraya menyebutkan angkatan pertama telah digelar 10-12 Oktober, angkatan kedua 12-14 Oktober dan angkatan ketiga 14-16 Oktober 2008.

 

“Setiap angkatan, diikuti sekitar 20 wartawan,” cetusnya.

 

Pelatihan itu dipandu oleh fasilitator Irawan Saptono Direktur Eksekutif Institut Studi Arus Indonesia (ISAI) dan Redaktur Pelaksana Majalah D&R. Materi yang disampaikan antara lain profesionalime wartawan selama pelaksanaan Pilkada, teknik peliputan untuk mendeteksi berbagai pelanggaran Pilkada, liputan lapangan dan diskusi basil liputan lapangan:

 

“Setiap angkatan menghadirkan para pembicara berbeda-beda di antaranya Prof Subhilhar (USU), H Hermansjah, SE (Sekretaris PWI Cabang Sumut), Irham Buana Nasution, Turunan Gulo (KPU Sumut), Mayjen Simanungkalit (Medan Pos) dan Erwinsyah (Medan Bisnis),” pungkas J Anto. (mc)

2 thoughts on “KIPPAS Gelar Pelatihan Jurnalisme Liputan Pilkada

  1. Congrulations,
    Bravo KIPPAS, saya senang membaca
    berita yang di post di web ini, saya
    sangat tertarik dan ingin menjadi anggota, sekaligus juga ingin mengikuti event-event pelatihan “jurnalis” melalui media KIPPAS
    good luck, dan saya berharap kalau ada pelatihan berkaitan JURNALIStik harap ikutkan saya hub via e-mail” ok’ thank you …..
    wassalam yb_medan@yahoo.com

  2. Menarik sekali analisis jurnalis muda berbakat Mayjen Simanungkalit soal liputan Pilkada digelar KIPPAS. Saya pernah satu sesion dengan adinda ini jadi pembicara dalam seminar jurnalisme damai di Manado. Analisisnya tajam dan dia jendral berhati lembut. Dia mutiara terpendam di wilayah Barat dengan pemikiran cerdas dan berani. Selamat dan salut untuk KIPPAS yang peduli terhadap jurnalis dan Pers, maju terus menyinari publik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s