Home

buku-laporan-investigasi.jpg

Latar belakang pendidikan yang dipunyai oleh para jurnalis di daerah, membuat pemahaman terhadap apa itu jurnalisme investigasi sangat minim. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh mereka dalam membuat laporan investigasi, salah satunya adalah kurangnya informasi akurat yang didapat atau tidak ada dukungan dokumen penting. Umumnya mereka terjun ke dunia jurnalistik hanya berbekal kebiasaan menulis artikel di media massa. Dasar-dasar jurnalisme serta keterampilan sebagai jurnalis didapat secara otodidak atau hasil diskusi dengan sesama jurnalis yang lebih berpengalaman. Banyak para jurnalis ini tidak sempat mendapatkan pendidikan jurnalistik secara formal. Media tempat mereka bekerja tidak mementingkan pendidikan jurnalistik internal bagi para jurnalisnya.

Memahami kondisi tersebut, ISAI, KIPPAS dengan dukungan Kedutaan Besar Amerika Serikat akan melakukan kegiatan peluncuran dan bedah buku “Laporan Investigasi untuk Media Cetak dan Siaran”, sebuah buku yang berisikan tentang bagaimana membuat laporan investigasi yang akuntabel beserta contoh kasusnya, merupakan hasil terjemahan dari buku “Investigative Reporting for Print and Broadcast” karangan William C. Gaines, seorang jurnalis yang meraih Penghargaan Pulitzer sebanyak dua kali untuk kategori laporan investigasi.

Untuk itu akan tampil Sherry Ricchiardi, Ph.D (Profesor Ilmu Jurnalistik dari Universitas Indiana, Amerika Serikat), dan Erwinsyah (Redaktur Pelaksana Harian Medan Bisnis) sebagai pembahas utama.

  

Selain peluncuran dan bedah buku, juga diadakan workshop yang akan diikuti 25 orang wartawan Medan. 

Dalam kegiatan workshop akan tampil Sherry Ricchiardi, Ph.D, dan 3 orang jurnalis senior, yaitu  Ayu Jufridar (Wartawan Harian Jurnal Nasional di  Aceh Utara), Eddy Iriawan (kontributor Indosiar Sumut), dan Andre Taufan (mantan reporter dan kini News Director Radio Cindy FM, Langsa).

Kegiatan bedah buku dan workshop dilaksanakan pada Kamis, 27 September 2007, di Hotel Novotel Medan, Sumatera Utara.

Dalam acara bedah buku tersebut, akan dibagikan 200 buah buku kepada peserta yang membawa undangan resmi. Jika Anda tertarik untuk menghadiri kegiatan tersebut, silakan menghubungi Nora Dasopang di sekretariat KIPPAS.

One thought on “Acara Bedah Buku “LAPORAN INVESTIGASI UNTUK MEDIA CETAK DAN SIARAN”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s