Home

Kajian Informasi, Pendidikan dan Penerbitan Sumatera (KIPPAS) adalah organisasi non partisan yang bergerak di bidang penelitian, pendidikan dan penerbitan. KIPPAS dibentuk oleh sekelompok anak muda yang memiliki kepedulian untuk ikut me-nyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam me-ngembangkan budaya demokrasi yang menghargai HAM, khususnya bertolak dari penghargaan dan penghayatan terhadap kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

 

MISI

 

KIPPAS melakukan berbagi upaya untuk mem-fasilitasi tumbuhnya kesadaran kritis publik dan jurnalis serta pengelola media dalam menjaga dan mengembangkan kebebasan pers khususnya, dan penegakkan Hak Asazi Manusia (HAM) umumnya.

 

Untuk mewujudkan missi tersebut KIPPAS melaku-kan serangkaian kegiatan seperti: riset, pendidikan dan advokasi dalam bentuk seperti: seminar, diskusi, workshop, talkshow di radio, konsultasi hukum dan penerbitan yang menunjang kegiatan riset dan pendidikan/advokasi.

WILAYAH KERJA

 

KIPPAS berbasis di Medan, sebuah wilayah yang sangat heterogen dari sisi etnisitas, hal ini mengimplikasikan tingginya (potensi) konflik yang ada. Se-cara umum, berbagai wilayah di Sumatera Utara memang rentan dengan konflik. Baik yang bersumber dari perbedaan suku, agama maupun kesenjangan ekonomi. Wilayah kerja KIPPAS juga mencakup Aceh, sebuah wilayah yang tak pernah sepi dari konflik.

 

Untuk mencapai tujuan institusi, KIPPAS memiliki tiga bidang kegiatan, yaitu penelitian, pendidikan dan penerbitan.

BIDANG PENELITIAN

 

• melakukan kajian-kajian pemberitaan media massa yang memperhadapkan rakyat dengan kekuasaan politik, ekonomi dan kebudayaan/komunalisme;

• melakukan monitoring terhadap tekanan-tekanan yang diterima jurnalis dan pengelola media massa dalam menjalankan tugas jurnalisme, baik yang manifes maupun tidak;

• melakukan riset-riset untuk perubahan sosial yang menunjang bagi pengembangan kebebasan pers dan berekspresi.

 

BIDANG PENDIDIKAN

 

• melakukan kegiatan peningkatan kapasitas jurnalis dan pengelola media massa untuk menjaga dan mengembangkan kebebasan pers.

• melakukan kegitan pendidikan masyarakat agar berperan dalam menjaga dan mengem-bangkan kebebasan pers dan penegakan Hak Asazi Manusia.

• melakukan kegiatan-kegiatan pendidikan untuk memajukan demokrasi yang menghormati HAM.

 

BIDANG PENERBITAN

menerbitkan hasil-hasil riset yang menunjang kampanye kebebasan pers dan penghormatan terhadap Hak Asazi Manusia.

• menerbitkan berbagai media komunikasi untuk mempromosikan nilai-nilai pluralisme dalam mengembangkan demokrasi yang menghormati Hak Asazi Manusia.

• Menerbitkan berbagai hasil pemikiran atau pengalaman kerja untuk mendorong tumbuhnya budaya demokrasi.

4 thoughts on “Profil Organisasi

  1. Artikel bagus!
    Cuma tolong tampilannya yang lebih enak dibaca.
    Aku juga tidak tahu caranya gimana, he he.
    Salam teman-teman Kippas

  2. Selamat atas tampilan KIPPAS, tetapi belum ada pojok sejarah pers yaa. Kebetulan saya sejarawan yang lagi mulai nulis sejarah pers di sumatera. Kalau saya boleh informasi, ada ndak sejarah pers yang baik di sumatera utara yaa, apa saja?
    Wannofri, UKM, Selangor, my

  3. Terimakasih Kpd KIPPAS yang telah banyak berbuat utk Aceh, namun selama ini kami belum melihat KIPPAS berkontribusi langsung terhadap perjuangan masyarakat Korban Konflik Aceh, padahal Korban Konflik Aceh telah teroganisir sejak tahun 2000, namun disayangkan banyak lembaga yg bergerak di bidang HAM yang belum perduli terhadap gerakan mereka melalui supporting untuk penguatan Organisasi maupun anggotanya. alangkah baiknya jika KIPPAS ambil bagian dalam hal ini, karena apapun yg dilakukan, jika kapasitas korban dalam ikut berpartisipasi dalam upaya penegakan HAM masih lemah, maka peluang utk dipolitisir dan pembiasan terhadap kerja-kerja berbagai lembaga HAM lainnya akan sangat mungkin terjadi, pendidikan dan advokasi bagi korban merupakan hal yg penting di lakukan, dan solidaritas nasional mesti dibangun dengan baik dan maksimal.
    *salam solidaritas*
    “SPKP-HAM ACEH”

  4. Bung Ali, salam untuk teman-teman di SPKP-HAM Aceh, usulan yang sangat menarik, mudah-mudahan juga didengar elemen masyarakat sipil lain yang tengah melakukan empowering di Aceh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s